Cara Jitu Pengusaha Sukses

Dalam dunia tenaga kerja, begitu pelik masalah pemutusan hubungan kerja antara Pengusaha dengan Pekerjanya.

UU No. 13 th 2003 Bab XII tentang PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA mengatur bahwa Pengusaha wajib memberikan uang pesangon atau uang penghargaan bagi Pekerjanya yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja atau pengunduran diri. Terkadang bagi Pengusaha, sangat berat baginya untuk membayarkan Uang Pesangon atau Uang Penghargaan untuk Pekerjanya, dan Pekerjanya pasti membutuhkan Uang itu sebagai balas jasa pengabdiannya selama periode tertentu. Bukan tidak mungkin, keberatan Pengusaha ini bahkan membuat Pekerjanya merasa tidak diperlakukan dengan benar, karena tidak mendapatkan haknya.

Dari sisi Pengusaha, mereka juga keberatan mengeluarkan sejumlah uang besar di suatu waktu, selain kehilangan Pekerja , juga harus mengeluarkan sejumlah uang. Lalu bagaimana hal ini diatasi ? Beberapa Pengusaha yang sudah menjalankan peraturan Ketenagakerjaan mencoba mengatasi hal ini dengan menyisihkan pengeluaran kantor untuk membelikan Dana Pensiun bagi Pekerja-pekerjanya dengan sistem subsidi, di mana persentase Pekerja lebih kecil daripada Persentase Pengusaha. Dari Dana Pensiun inilah yang nantinya akan menjadi hak karyawan penuh, bila sudah tidak bekerja lagi dengan Pengusaha tersebut.

Yang pernah saya alami adalah waktu saya bekerja di suatu perusahaan asuransi di tahun 2000-2004, saya mendapat tunjangan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan), di mana saya membayar sejumlah persen dan sisanya Perusahaan. Di tahun 2004, saat saya keluar dari Perusahaan tersebut, saya sudah menarik semaksimal mungkin uang DPLK saya. Di tahun 2008, saya masih dikirimkan surat hasil pengembangan DPLK saya, hingga tahun 2013 kemarin, saya cek bahwa uang DPLK saya cukup besar sekali, dan saya pun merasa aman, bahwa di usia 55 tahun nanti, saya masih mempunyai uang Pensiun. Memang saat ini, kita tidak dapat mengambil uang Pensiun tersebut, karena tujuannya adalah melindungi hari tua kita.

DPLK PPUKPDPLK PPUKP

Bagi Pengusaha, dengan mengikuti program Dana Pensiun mempunyai beberapa keuntungan yaitu :

1. Mempersiapkan pencadangan dana perusahaan untuk kompensasi pesangon

2. Meningkatkan kesejahteraan karyawan pasca masa kerja

3. Meningkatkan loyalitas dan produktivitas

4. Mempertahankan karyawan kunci/berkualitas

5. Membangun motivasi karyawan dalam bekerja

Menyiapkan Dana Pensiun adalah suatu langkah tepat bagi suatu perusahaan dan tiap-tiap individu. Jangan pernah merasa dirugikan , bila harus mengeluarkan sejumlah dana untuk Pensiun , karena hal itu akan membuat rasa ‘aman’ bagi seseorang di usia tua atau pasca masa kerja nanti.

Manulife – For Your Future
Bonie Corina | 08129409026 | BBM : 21C26DF3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *