Asuransi Tradisional vs Unitlink

Dalam Asuransi , ada istilah Asuransi Tradisional dan Unit link.

Asuransi Tradisional adalah asuransi yang mempunyai nilai pengembalian yang tetap sesuai dengan proposal, kapanpun nilai pengembalian tersebut dikeluarkan.

Asuransi Unitlink adalah asuransi yang menggabungkan asuransi jiwa dan investasi yang biasanya berupa reksadana.

Dari wikipedia, definisi Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.

Perbedaan proposal Asuransi Tradisional dengan Unit link adalah bahwa dalam proposal unitlink terdapat kata Proyeksi untuk nilai pengembalian/investasi. Proyeksi yang dimaksud adalah hasil yang diproyeksikan sesuai dengan nilai hasil investasi yang terjadi pada saat itu. Bila di proposal Asuransi Tradisional, nilai polis yang tercantum adalah pasti.

Bila menginginkan nilai Uang Pertanggungan Jiwa yang besar, maka pilihlah Asuransi Tradisional, karena dengan membayar premi yang sama, mendapatkan Uang Pertanggungan yang lebih besar.

Bila menginginkan adanya nilai investasi pada premi yang dibayarkan , maka pilihlah Asuransi Unit Link.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *