Don’t Put Your Egg in One Basket

Kuote “Don’t Put Your Egg in One Basket” adalah sering diperdengarkan oleh para ahli finansial dalam menyimpan atau menginvestasikan uangnya.

Ya, memang benar. Seseorang harus mendiversifikasi uang/tabungannya di beberapa macam investasi, untuk meminimalis resiko investasi yang terjadi. Tidak benar, bahwa dikatakan ada suatu investasi yang tidak ada resiko. Ada resiko, tetapi mempunyai tingkat resiko yang berbeda-beda, yaitu resiko kecil, menengah, dan tinggi. Dalam berinvestasi pun, ada beberapa periode, periode jangka pendek ( < 1 thn), periode menengah ( 1-5 thn), periode jangka panjang (> 5 thn).

Pilihan berbagai investasi , selain dari tingkat resiko dan periode investasi, juga dapat dilihat dari karakter investor : tidak menyukai resiko, netral, menyukai resiko.

Berbagai investasi yang ditawarkan sebenarnya baik, tetapi itu semua tergantung pada karakter dan maksud investor dalam berinvestasi. Berapa lama dan besar pengembalian (return) investasi yang akan diharapkan. Bila salah memilih investasi, maka hasilnya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan oleh para investor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *